Notifikasi :

Selamat Datang di blog Indiii...

Semoga blog ini bisa bermanfaat untuk anda

Apabila anda bosan, boleh bermain dengan miku clock.

Posted by : Unknown March 11, 2013

      Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data). Karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.

      Dalam bentuk sederhana, komunikasi data terjadi antara dua device yang secara langsung berhubungan dengan medium transmisi point-to-point. Jelaskan kerugian menggunakan model komunikasi ini dan berikan solusinya!
Penyelesaian :
Dalam bentuk sederhana, komunikasi data terjadi antara 2 device yang secara langsung berhubungan dengan medium transmisi point to point. Bila bentuk ini dipakai maka kerugiannya adalah: 

  • Bila device berada pada bagian yang jauh maka akan mahal, contoh : untuk menghubungkan link antara 2 device yang jauhnya ribuan mil.
  • Adanya set-set device, masing-masing memerlukan sebuah link ke lainnya pada variasi waktu, contoh : semua telephone didunia dan semua terminal dan komputer dimiliki oleh suatu organisasi tunggal kecuali untuk kasus dengan sedikit device, hal tersebut tidak praktis untuk menggelar kabel antara masing-masing pasangan device.

Solusi dari masalah ini adalah jaringan komunikasi yang dapat dilihat pada gambar berikut. 

    stasiun adalah suatu kumpulan device yang akan berkomunikasi, dapat berupa komputer-komputer, terminal-terminal, telephone-telephone atau device komunikasi lainnya. Tiap stasiun menghubungkan ke jaringan node (network node). Set-set node tersebut merupakan pembatasan dari jaringan komunikasi yang sanggup mentransfer data antar pasangan stasiun-stasiun. 


      1.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan:
      -  Circuit Switching
      - Packet Switching
      - Frame Relay
      - Asynchronous Transfer Mode (ATM)
   
     Penyelesaian :
  * circuit switching adalah model jaringan yang menerapkan sebuah path komunikasi yangdedicated (permanen) antara 2 buah station. Dalam dunia telekomunikasi, jaringan circuit switching adalah jaringan yang mengalokasikan sebuah sirkuit (atau kanal) yang dedicated diantara nodes dan terminal untuk digunakan pengguna untuk berkomunikasi.

   * Packet Switching. Sesuai dengan namanya jadi data yang akan dikirim atau ditransmisikan dibagi - bagi ke dalam paket - paket kecil. Jika source mempunyai message yang lebih panjang untuk dikirim, message itu akan dipecah ke dalam barisan-barisan paket. Tiap paket berisi data dari user dan info control. Info control berisi minimal adalah info agar bagaimana paket bisa melalui jaringan dan mencapai alamat tujuan.

  * Frame relay adalah cara mengirimkan informasi melalui wide area network (WAN) yang membagi informasi menjadi frame atau paket. Masing-masing frame mempunyai alamat yang digunakan oleh jaringan untuk menentukan tujuan. Frame-frame akan melewati switch dalam jaringan frame relay dan dikirimkan melalui “virtual circuit” sampai tujuan.
   
  * ATM adalah singkatan dari Asynchronous Transfer Mode (ATM) yaitu sebuah protokol jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155 Mbps atau lebih. ATM mentarnsmisikan data kedalam satu paket dimana pada protokol yang lain mentransfer pada besar-kecilnya paket. ATM mendukung variasi media seperti video, CD-audio, dan gambar. ATM bekerja pada model topologi Bintang, dengan menggunakan Kabel fiber optic ataupun kabel twisted pair .
      

3. Jelaskan perbedaan antara WAN, MAN, dan LAN!

Penyelesaian :

LAN
MAN
WAN
- Cakupan jaringan kecil
-  Jarak maksimal jaringan 1 km
-  Untuk menghubungkan antar ruangan, gedung, kampus
-  Teknologi transmisi/penghantar umunya menggunakan kabel (saat ini sudah mulai nirkabel)
-  Umumnya menggunakan topologi sederhana (bus dan ring).
-  Cakupan jaringan llebih besar dari pada LAN.
-  Jarak maksimal jaringan 80 km.
-    Menghubungkan  antar wilayah dalam satu propinsi.
-    menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar

-  Cakupan jaringan luas
-  Jarak maksimal jaringan 1000 km
-  Untuk menghubungkan antar negara hingga antar benua.
-  Teknologi penghantar menggunakan bantuan satelit atau teknologi kabel bawah laut
-  Topologi sudah kompleks


4. Gambarkan dan jelaskan model komunikasi data secara umum!
Penyelesaian :

a. Komunikasi Data Konvensional


Gambar : Komunikasi Data Konvensional
Contoh pada pesawat faximili

b. Komunikasi Data Off-Line


Gambar : Komunikasi Data Off-Line

Offline communication system adalah suatu sistem pengiriman data melalui fasilitas telekomunikasi dari satu lokasi ke pusat pengolahan data, tetapi data yang dikirim tidak langsung diproses oleh CPU (Central Processing Unit), Di mana data yang akan diproses dibaca oleh terminal, kemudian dengan menggunakan modem, data tersebut dikirim melalui telekomunikasi.
Di tempat tujuan data diterima juga oleh modem, kemudian oleh terminal, data disimpan ke alamat perekam seperti pada disket, magnetic tape, dan lain-lain. Dari alat perekam data ini, nantinya dapat diproses oleh komputer. Peralatan-peralatan yang diperlukan dalam offline communication system, antara lain :
*  Terminal
Terminal adalah suatu I/O device yang digunakan untuk mengirim data dan menerima data jarak jauh dengan menggunakan fasilitas telekomunikasi. Peralatan terminal ini bermacam-macam, seperti magnetic tape unit, disk drive, paper tape, dan lain-lain.
 Jalur komunikasi
Jalur komunikasi adalah fasilitas telekomunikasi yang sering digunakan, seperti : telepon, telegraf, telex, dan dapat juga dengan fasilitas lainnya.
*   Modem
Model adalah singkatan dari Modulator / Demodulator. Suatu alat yang mengalihkan data dari sistem kode digital ke dalam sistem kode analog dan sebaliknya.

c. Komunikasi Data On-Line

Gambar : Komunikasi Data On-Line

Berbeda dengan sistem komunikasi offline, pada sistem ini data yang dikirim melalui terminal dapat langsung diolah oleh pusat komputer, dalam hal ini CPU. Contoh pada Jaringan Internet yang mengunakan koneksi dial-up




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 IT and Psychology - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Redesigned by Indi Andira -