Notifikasi :

Selamat Datang di blog Indiii...

Semoga blog ini bisa bermanfaat untuk anda

Apabila anda bosan, boleh bermain dengan miku clock.

Posted by : Indi Andira March 21, 2013


KELOMPOK 5
ANGGOTA KELOMPOK:
1         *  Indi Andira                 - [ 111402007 ] - 
2        *  Sylvi Evelyn                - [ 111402055 ] - 
3       *  Rheza Rivaldi         - [ 111402069 ] - 
4       * Wulandari Tarigan  - [ 111402113 ] - 
5       * Ridho Kurniawan   - [ 111402115 ] - 


Tokoh
Tokoh yang berperan dalam teori Penguatan Negatif adalah Burrhus Frederic Skinner atau biasa dipanggil dengan Skinner. Skinner lahir di Susquehanna, Pennsylvania, 20 Maret 1904 - meninggal di Massachusetts, 18 Agustus 1990 pada umur 86 tahun. Beliau adalah seorang psikolog Amerika Serikat terkenal dari aliran behaviorisme. 

Teori
Penguatan negatif (Negative Reinforcement) adalah Penguat yang berasal dari pemindahan atau penghindaran suatu kejadian negatif sebagai konsekuensi dari perilaku.
Skinner lebih percaya kepada apa yang disebut sebagai penguat negatif. Penguat negatif tidak sama dengan hukuman. Ketidaksamaannya terletak pada bila hukuman harus diberikan (sebagai stimulus) agar respon yang muncul berbeda dengan respon yang sudah ada, sedangkan penguat negatif (sebagai stimulus) harus dikurangi agar respon yang sama menjadi semakin kuat. 

Uraian Teori Hasil Diskusi :
penguatan negatif sering disalah artikan sebagai punishment, karena kata “negatif”nya. Pada punishment, ketika terjadi suatu kesalahan, maka perilaku kesalahan tsb akan diberikan impuls negatif terhadapnya. Pada penguat negatif terjadi kesalahan, maka impuls negatif yang membuat perilaku melakukan kesalahan akan dieliminasi untuk memperkuat impuls positif yang ada pada dirinya.
Singkatnya pengutan negative itu bisa di artikan sebagai sesuatu yang bila ditiadakan akan meningkatkan respon dari suatu perilaku.  

Contoh konkrit dalam bidang TI
Ada dua jenis penguatan negatif, yaitu Escape conditioning (Pengkondisian melarikan diri) dan Avoidance conditioning (Pengkondisian menghindar). Disini saya akan memberikan contoh dari jenis penguatan negative Avoidance conditioning. Avoidance conditioning adalah beberapa stimulus atau kejadian yang bilamana ditunda atau dihindarkan akan meningkatkan atau memelihara kekuatan respon. Penguatan negatif avoidance akan mengakibatkan munculnya perilaku avoidance (menghindar). Sebagai contoh dalam bidang IT , beberapa mahasiswa IT mendapatkan sebuah proyek untuk membuat sebuah website, dengan semua requirement yang telah ditentukan, mereka pun mulai membangun website tersebut. Kemudian setelah selesai semua proses pembuatan, mereka menunjukkan kepada client hasil dari website yang telah dibangun. Ternyata client tidak menyukai proyek yang kami bangun, sementara proyek tersebut sudah dibuat dan siap di pakai, maka dia berusaha menolak proyek kami yaitu dengan cara menunjukkan perilaku tidak puas atau merasa kecewa bahkan menggeleng untuk menolak / menghindar dari proyek yang kami buat. Client melakukannya untuk menghindarkan kejadian negatif, yaitu bila dia menerima maka client akan mendapat website yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan.

Sumber Referensi :

Testimoni :
Setiap minggunya metode pembelajaran yang diberikan bu Dina tuh berbeda-beda. Membuat saya jadi tidak bosan untuk belajar. Kali ini, bu Dina memberikan metode yang berbeda dari minggu-minggu yang lalu, yaitu dengan membagi kelompok, dan membagi materi dengan kata kunci yang berbeda. Dan memberikan kesempatan kepada kami untuk membedah materi tersebut. Saya dan teman sekelompok saya mendapatkan materi yang menarik, dan sangat tidak familiar di telinga saya, yaitu Penguatan Negatif.  Sehingga memberikan perasaaan ingin tau lebih jauh lagi tentang penguatan negatif. Proses pembelajaran seperti ini yang membuat seorang mahasiswa bisa mandiri dalam belajar, tidak hanya disuguhkan materi oleh dosen. Namun mahasiswa di beri dorongan untuk dapat mengeksplor materi tsb. Dan tentunya akan mendorong mahasiswa untuk mencari mengenai materi tersebut, sesederhana mungkin untuk mudah ia pahami. Contohnya saja kata kunci yang kami dapat, penguatan negative, awalnya kami sempat bingung dengan pengertian yang di berikan oleh berbagai sumber. Namun pada akhirnya dengan diskusi kelompok, dan pencermatan contoh-contoh yang diberikan narasumber, menuntun kami mendapatkan ‘apasih sebenarnya penguatan negative itu’. Sekian dulu testimoni dari indii..
thank youuu.. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 IT and Psychology - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Redesigned by Indi Andira -