Notifikasi :

Selamat Datang di blog Indiii...

Semoga blog ini bisa bermanfaat untuk anda

Apabila anda bosan, boleh bermain dengan miku clock.

Posted by : Unknown March 28, 2013



ANALISA HASIL SURVEY
Berdasarkan hasil survey online yang saya lakukan dimulai tanggal 27 Maret 2013 sampai dengan 28 Maret 2013 dengan judul survey ‘Implementasi E-learning pada proses belajar’, saya akan menganalisa seluruh data hasil survey tersebut. Motivasi saya mengangkat topik tersebut adalah karena semakin majunya teknologi pada era ini, terlebih lagi dalam bidang pendidikan. Dan salah satu teknologi yang sangat berkembang pesat dibidang pendidikan adalah E-Learning . Adapun pertanyaan yang saya ajukan sebagai bahan untuk pengumpulan survey adalah sebagai berikut :

v  Apa pengertian 'Belajar' menurut pendapat anda ?
v  Apakah anda memiliki email address sendiri
v  Sudah berapa lama anda menggunakan email ?
v  Bagaimana pemahaman anda mengenai elearning?
v  Bagaimana pemanfaatan e-learning di lingkungan sekolah/kampus anda ?
v  Pelatihan apa yang anda harapkan untuk meningkatkan kemampuan dalam penguasaan Teknologi Informasi ?

Berikut adalah hasil analisa yang saya dapatkan dari responden yang telah berpartisipasi dalam survey saya.

1.   Apa pengertian 'Belajar' menurut pendapat anda ?
Dari hasil survey menunjukkan 80% orang menjawab, bahwa belajar adalah proses dari tidak tahu menjadi tahu. Sisanya menjawab hal yang berbeda tetapi lebih terarah dan detail. Ini membuktikan bahwa, sebagian besar orang mengganggap belajar itu hanyalah sebuah proses dari sesuatu yang tidak diketahui hingga akhirnya menjadi tahu, tanpa mengetahui manfaat dari belajar yang berguna bagi kehidupannya, maupun kehidupan orang lain.

2.   Apakah anda memiliki email address sendiri ?


Berdasarkan hasil survey yang saya dapatkan, berikut adalah laporan hasil surveynya. Ini membuktikan rata-rata semua orang sudah mengenal dunia internet, termasuk aplikasi yang mendukungnya seperti email. Dari survey yang saya lakukan, semua orang telah memiliki alamat email sendiri.


3.   Sudah berapa lama anda menggunakan email ?
Berdasarkan hasil survey, berikut adalah hasilnya :
< 1 tahun                   0      0%
1 sampai 4 tahun         7     15%
> 4 tahun                  40   85%
Jadi analisanya adalah sebagai berikut bahwa sebagian besar orang telah menggunakan email dalam kurun waktu yang sudah cukup lama, yaitu lebih dari 4 tahun. Bahkan tidak ditemukan satupun yang menggunakan email dalam kurun waktu dibawah 1 tahun. Ini membuktikan bahwa kebanyakan masyarakat, sudah banyak yang mengerti internet dan email bahkan sudah dalam waktu yang cukup lama.


4.   Bagaimana pemahaman anda mengenai elearning?
Berdasarkan hasil survey yang saya dapatkan bahwa 99% orang sudah mengenal aplikasi ini. Dan ini membuktikan bahwa rata-rata semua orang telah mengetahui manfaat dan penggunaan metode belajar dari E-Learning itu sendiri.  Kebanyakan responden mengatakan e-learning adalah proses belajar secara online, dimana materi pembelajaran disimpan dalam database dan dapat diakses secara online.

5. Bagaimana pemanfaatan e-learning di lingkungan sekolah/kampus anda ?

Tidak ada sama sekali
3
6%
Sangat Kurang
2
4%
Kurang
14
30%
Cukup Baik
21
45%
Baik Sekali
7
15%



Berdasarkan hasil survey yang saya dapatkan, data di atas adalah laporan hasil surveynya. Ini membuktikan bahwa saat ini tidak semua sekolah di berbagai tingkat pendidikan maupun universitas di Indonesia sudah menggunakan metode E-Learning. Hanya ada beberapa yang sama sekali belum pernah mengimplementasikan e-learning pada proses belajar mengajar mereka. Walaupun mereka sudah banyak yang mengetahui apa itu e-learning.



6.   Pelatihan apa yang anda harapkan untuk meningkatkan kemampuan dalam penguasaan Teknologi Informasi 














Pengetahuan Umum tentang Komputer
16
14%
Software aplikasi
21
19%
Jaringan komputer
23
21%
Penggunaan internet
17
15%
e-Learning
14
13%
Sistem informasi manajemen
16
14%
Other
5
4%











Berdasarkan hasil survey yang saya dapatkan, data di atas adalah laporan hasil surveynya. Ini membuktikan bahwa setiap orang mempunyai pemikiran yang berbeda-beda mengenai pelatihan dasar yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dalam penguasaan Teknologi Informasi. Dan dapat dilihat bahwa Pelatihan Jaringan Komputer lah yang diharapkan sebagian orang untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam penguasaan Teknologi Informasi.


TESTIMONI
Survey online yang pertama kali saya lakukan ini, memberikan banyak manfaat. Kita tidak perlu repot lagi melakukan survey dengan kertas, yang hanya akan menambah buruk kondisi bumi kita, cukup dengan fasilitas internet, kita bisa survey kepada responden dimana saja dan kapan saja. Topik yang saya angkat kali ini adalah, mengenai e-learning. Tentu saja sudah sangat akrab di telinga kita. Dari data-data responen yang telah mengisi pertanyaan saya, dapat ditarik kesimpulan bahwa 99% semua responden telah mengetahui apa sebenarnya elearning itu, namun diantaranya masih ada beberapa yang sama sekali belum pernah melakukan elearning tersebut. Padahal dengan adanya survey online ini, juga merupakan salah satu contoh dari e-learning, bahkan dengan social network pun kita bisa dikatakan telah melakukan proses belajar e-learning. Contoh yang paling dekat misalnya ,ketika kita berdiskusi dengan teman dalam sosialmedia, hal ini juga merupakan proses e-learning.

Cukup sekian hasil analisa dan testimony dari saya, lebih dan kurang saya mohon maaf. Dan diharapkan kritik dan saran yang membangun untuk saya, agar lebih baik kedepannya. Terima Kasih kepada semua responden yang bersedia meluangkan sedikit waktunya untuk mengisi formulir survey dari saya. Arigatou..!! ^_^

{ 1 comments... read them below or add one }

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39
  1. halo.. surveynya by apa ya ? google docs ? google analytcs atau apa ya ? thankyou

    ReplyDelete

- Copyright © 2013 IT and Psychology - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Redesigned by Indi Andira -